Sabtu, 28 Juni 2008

Tipe-tipe Trader

Sepanjang pengalaman saya di dunia forex, saya mengenal berbagai macam trader. Namun secara garis besar, saya menemukan tiga besar tipe trader:

  1. Trader Posisi
    Trader posisi adalah seorang trader yang melakukan open posisi dengan tujuan pips yang besar (diatas 200 pips). Trader tipe ini tidak begitu menghiraukan pergerakan harga dalam skala kecil. Biasanya mereka menggunakan chart daily, weekly, bahkan monthly. Trader posisi lebih menekankan pada analisa fundamental yang kuat.
  2. Trader Daily / Tren Follower
    Trader daily bermain secara harian atau intra day. Mereka masuk pasar jika tren sudah terbentuk. Biasanya lebih mengandalkan pada analisa teknikal. Filosofi trader ini adalah buy di low dan sell di high. Time frame yang mereka gunakan adalah 4 hours, 1 hours, 30 minutes, dan 15 minutes.
  3. Voltaile trader
    Voltaile trader adalah trader yang melakukan open posisi pada waktu volume perdagangan membesar. Volume perdagangan membesar terjadi bila terdapat berita-berita yang mempengaruhi suatu perekonomian suatu negara. Time frame yang dipakai adalah 1 minutes dan 5 minutes.

    Nah, sekarang anda dapat memilih ingin menjadi trader yang mana. Apakah Trader Posisi, Trend Follower, atau Voltaile Trader. Semuanya memiliki kelebihan dan keuntungan masing-masing. Tidak ada yang lebih buruk maupun lebih baik, semua tergantung oleh jiwa trader anda.

Tidak ada komentar: